Musirawasterkini.com – Komisi I, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang, Propinsi Sumatera Barat (Sumbar) kunjungi Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau dalam rangka kunjungan kerja (Kunker) ke Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) dan Bagian Hukum, Pemerintah Kota Lubuklinggau. Kamis (24/9/2020).

Kunker dengan agenda mengatasi kekurangan Aparatur Sipil Negara (ASN) berdasarkan analisis jabatan di Kota Padang, dipimpin langsung oleh Wakil Ketua DPRD Kota Padang, Arnedi Yarmen dan Ketua Komisi I DPRD Kota Padang, Elly Thrisyanti dan diikuti Wakil dan Seluruh Anggota Komisi I DPRD Kota Padang.

Ketua Komisi I, Elly Thrisyanti mengungkapkan bahwa di Kota Padang sendiri, hampir 9000 kekurangan pegawai, sehingga terjadi kekosongan beberapa jabatan di instansi. 

“Kuota yang diberikan oleh KEMENPAN-RB jauh dari kebutuhan itu,” kata Elly.

Dia menuturkan, mulai dari tingkat pelayanan pada garda terdepan yakni Kelurahan hingga jajaran paling tinggi sekalipun banyak kekosongan dan dilakukan rangkap jabatan. 

“Melalui kunker ini kita dapat mempelajari dari Kota Lubuklinggau dalam mengatasi kekurangan pegawai tersebut,”ujarnya.

Dikesempatan yang sama, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Lubuklinggau, H.A Rahman Sani, mengatakan bahwa Kota Lubuklinggau sendiri juga mengalami hal yang sama. 

“Kuota yang diberikan oleh KEMENPAN-RB hanya menyamakan dengan jumlah pegawai yang pensiun saja,”kata Sekda.

Senada juga diungkapkan Kepala BKPSDM, Kota Lubuklinggau, Zulfikar, mengungkapkan di Kota Lubuklinggau khususnya masalah kekurangan pegawai juga terjadi bahkan sejak lama.

“Banyak formasi yang diberikan, seperti tenaga kependidikan sedangkan kita minta lebih banyak untuk tenaga teknis,”katanya.

Contohnya saja, lanjut Zulfikar, di beberapa kelurahan ada yang dua dan tiga Kepala Seksi (Kasi) saja, seharusnya ada empat Kasi. 

“Tapi pelayanan tetap berjalan, secara online,” ungkapnya.

Untuk diketahui, Kunker Komisi I DPRD Kota Padang ke Kota Lubuklinggau dilaksanakan selama dua hari yakni hari ini dan Jumat besok. Dalam Kunker tersebut disambut langsung Sekda Kota Lubuklinggau H A Rahman Sani, didampingi Asisten Seksa Tamri, Kepala Diskominfo Erwin Armeidi, Kepala BKPSDM Zulfikar dan jajaran, Kepala DP3APM, Heri Zulianta, Kabag Hukum Hendri Hermani, Kabag Organisasi Endri Eka Putra.

(lrs/Anggie Arine)