Musirawasterkini.com – Guna mempererat tali silaturahmi serta mensingkronisasikan pembangunan antar desa, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Rawas (Mura) mengelar kegiatan Aksi Rabu Bina Desa (Akrab Desa).

Kali ini, program Akrab Desa dilakukan di 4 desa dalam Kecamatan Suku Tenggah Lakitan (STL) Ulu Terawas Kabupaten Mura, antara lain Desa Babat, Desa Pasenan, Desa Sukamerindu dan Desa Paduraksa, Rabu (11/11/2020).

Hadir dalam kegiatan Akrab Desa meliputi Pjs Bupati Mura Ahmad Rizali, Camat STL Ulu Terawas Saparudin Husein, Kapolsek STL Ulu H Iptu Arpan, Kepala Desa (Kades) Sukamerindu Ariyanto, Kades Babat Internasional, BPD maupun masyarakat setempat.

Pjs Bupati Mura Ahmad Rizali menyampaikan pihaknya patut bersyukur karena kondisi Kabupaten Mura sangat strategis dan lebih bagus dibandingkan dengan kabupaten lain di Sumsel. Sebab jarak tempuh dari kecamatan ke ibukota kabupaten tidak terlalu jauh. Apalagi antar ibukota Lubuk Linggau sangat dekat.

“Ya, apa yang sudah dibangun selama ini agar dapat dipelihara, dirawat. Sekecil apapun itu bangunan yang ada di desa, baik secara pisik maupun non pisik masih masuk ke dalam aset daerah dan aset desa kita sendiri,” terang Pjs Bupati.

Terkait dengan posko Covid-19, kedepan nanti harus tetap ada di tiap desa, karena namanya Covid-19 tidak diketahui dari mana asalnya.

Bukan hanya pada masa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) saja, akan tetapi posko Covid-19 harus tetap didirikan.

Sementara itu, Kades Sukamerindu Ariyanto menambahkan pihaknya sangat mengapresiasi Pjs Bupati Mura H Ahmad Rozali serta jajaran DPMD, kecamatan, polsek, koramil, muspika kecamatan serta pihak terkait lainnya yang telah meluangkan waktu mengikuti program Akrab Desa.

“Agar kiranya Bapak Bupati dapat memberikan arahan maupun bimbingan bagi kami semua dimasa transisi pandemi Covid-19 ini. Baik dalam penggunaan DD, ADD, hingga dana Covid-19 agar kedepan nanti dapat lebih bermanfaat lagi bagi masyarakat,” papar Kades.

Setali tiga uang, Kades Babat Internasional mengucapkan ribuan terimakasih kepada Pemkab Mura, DPMD hingga perangkat desa yang sudah berkenan hadir pada kegiatan Akrab Desa ini.

Selanjutnya, selaku Pemerintah Desa (Pemdes) Babat sangat mengharapkan nanti Pemda serta DMPD dapat memberikan arahan maupun bimbingan agar kedepan nanti dapat menjalankan tupoksi sesuai aturan.

“Tanpa adanya bimbingan maupun arahan, belum tentu kami dapat menjalankan tugas dengan baik. Begitu juga untuk pengelolaan DD, ADD dimasa transisi pandemi Covid-19 ini,” ucap Kades.

Terpisah, Camat STL Ulu Terawas Saparudin Husein S.Sos., mengatakan bahwa digelarnya kegiatan Akrab Desa ini merupakan salah satu bentuk upaya mensingkronisasikan pembangunan antar desa.

“Kedepan nanti saya harapkan bagi 12 desa di Kecamatan STL Ulu Terawas agar setiap hari dapat mengaktifkan kantor desa dan perangkat desa supaya aktif piket, guna menghindari hal – hal yang tidak diinginkan” jelas Camat. (*)