www.musirawasterkini.com

Lubuk Linggau – SMK Negeri 3 Lubuklinggau telah memiliki Bursa Kerja Khusus (BKK). Berikutnya, sekolah yang terletak di Jln.Pionir, Kelurahan Air Kuti ini sedang mempersiapkan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) P1. Hal ini disampaikan Kepala SMK Negeri 3 Lubuklinggau, Puguh Purnomo.

“Kami tengah mempersiapkan LSP P1, yang mana embrionya sudah dipersiapkan. Mohon doanya, Insya Allah di 2021, embrio LSP P1 ini sudah lahir. LSP P1 ini merupakan turunan dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Apakah siswa kita ini kompeten atau tidak. Jika siswa dinyatakan berkompeten, maka akan mendapatkan sertifikat dari LSP. Artinya perusahaan tidak ragu-ragu lagi mengambil siswa kita untuk dipekerjakan. Jadi, para alumni kita ini nantinya bisa diterima di Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI),”katanya.

Dijelaskan juga oleh Puguh, bahwa BKK ini sudah di ACC pada Oktober 2020 lalu, dan akan menjadi jembatan antara sekolah dengan dudi, yang berfungsi memberikan informasi kepada alumni, mengenai peluang-peluang di dunia usaha dan industri.

“Sekaligus BKK ini bertugas menyalurkan alumni-alumni SMKN 3 ini ke Dunias Usaha dan Dunia Industri. Nah, disalurkan tadi agar supaya betul-betul kompeten, inilah tugas dari LSP P1 ini. Jadi apa yang disalurkan ini tentunya akan kompeten,”jelasnya.

Dengan adanya BKK dan LSP P1 ini, Puguh berharap alumni SMKN 3 Lubuklinggau ini menjadi ahli kompeten sesuai bidangnya yang tidak diragukan lagi.

Puguh juga berharap kerjasama dan dukungan dari semua guru, dan warga SMKN 3 agar bekerjasama dan sama-sama bekerja untuk mewujudkan LSP P1 di SMKN 3 Lubuklinggau ini.

“Mohon juga doa dukungan dari masyarakat dan semua pihak, agar kedepannya SMKN 3 bisa jaya,”ungkapnya.

Adapun jurusan di SMKN 3 Lubuklinggau meliputi, Program Keahlian Teknik Otomotif (TO) yang terdiri dari Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO), dan Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM).

Lalu Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika (TKI) terdiri dari Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), dan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL).
Kemudian, Jurusan Teknik Konstruksi dan Properti (TKP) dengan Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB).

Di SMKN 3 Lubuklinggau juga ada Program Keahlian Teknik Elektronika (TE) dengan Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video (TAV). (*)