www.musirawasterkini.com

MUSI RAWAS – Bencana nasional non alam Corona Virus Desease ( Covid 19 ) di Kabupaten Musi Rawas ( Mura ) nampaknya tidak begitu di respon secara positif oleh Pemerintah Kabupaten Mura .

Pasalnya banyak pengawai maupun stakeholder di instansi Dinas Pertikal Pemkab Mura sudah terpapar Covid 19 , Namun sangat disayangkan hingga saat ini penangan kasus Covid 19 di Kabupaten Mura perlahan – lahan mendadak berhenti .

Sementara diakhir tahun 2020 sebanyak 13 orang masyarakat di Kabupaten Mura , sudah meninggal dunia akibat pademi Covid 19 .

Menurut Kepala Badan Nasioanal Penangulangan Bencana ( BNPB ) Kabupaten Mura Kadarsan S,sos melalui Kasi Logistik Eko Sefriwan ( 8/1/2021 ) saat dijumpai awak media di kantornya menjelaskan , bahwa untuk kasus pademi Covid 19 di Kabupaten Mura saat ini sudah Merabah ke Dinas Instansi Pertikal Pemkab Mura .

Akan tetapi meskipun hampir setiap pengawai Sekretariat Kerja Perangkat Daerah ( SKPD ) maupun Organisasi Perangkat Daerah ( OPD ) di Kabupaten Mura sudah banyak yang terpapar Covid 19 hingga penambahan claster .

Namun tidak ada satupun SKPD dan OPD yang mengajukan permintaan agar Dinas Instansi yang mereka pimpin itu , untuk dilakukan penyemprotan disinfektan .

” Guna untuk mengantisipasi maupun penambahan claster penyebaran pademi Covid 19 tersebut , walaupun virus Corona ini sangat dikwatirkan oleh banyak orang , ” jelas Eko .

Lanjutnya lagi , walaupun untuk sekarang ini Pemkab Mura tidak memberikan anggaran dalam penanganan kasus pademi Covid 19 ke BNPB Mura , Akan tetapi posko induk Gugus Tugas Percepatan Penanganan ( GTPP ) Covid 19 belum kami bongkar yang ada di kantor Bupati Mura .

Kemudian sampai saat ini juga kami BNPB Kabupaten Mura belum mendapatkan petunjuk maupun arahan dari ketua gugus tugas dan Pemkab Mura , guna melakukan penanganan kasus pademi Covid 19 di Kabupaten Mura .

” Oleh sebab itu posko induk GTPP Covid 19 masih tetap ada di Kabupaten Mura , tidak di bongkar walaupun tidak memiliki anggarannya , ” ucap Eko .

Dikatakan Eko Sefriwan merambah pademi Covid 19 di SKPD maupun OPD itu seperti di Dinas PU CK , Pariwisata , Diskominfo , Dinas Lingkungan Hidup , serta OPD lainnya .

” Namun walaupun sudah banyak yang terpapar Covid 19 nampaknya setiap SKPD hinga OPD di kabupaten Mura tidak terlalu mengkwatirkannya , maka dari itu kami pihak BNPB tidak mengadakan penyemprotan disinfektan , ” kata Eko . ( Team )