www.musirawasterkini.com

Musi Rawas, – Warga di Desa Taba Renah kecamatan Selangit kabupaten Musirawas, menemukan bunga bangkai yang sedang mekar di pekarangan rumah miliknya, flora langka dan unik ini mekar dengan ukuran diameter kelopak bunga yang cukup besar.

Warga di dusun 3 Desa Tabah Renah Kecamatan Selangit kabupaten Musirawas, dihebohkan dengan penemuan bunga bangkai atau sejenis tanaman bunga amorphoppalus yang sedang mekar, bentuknya yang unik dengan perpaduan berbagai warna seperti warna ungu kecoklatan serta kuning bercampur hijau, ditemukan oleh seorang ibu rumah tangga bernama Rati (warga dusun 3) pada rabu siang yang saat itu hendak membersihkan pekarangan dibelakang rumahnya, sontak hal ini membuat kaget oleh sang penemu bunga, diperkirakan oleh penemu, bunga ini berukuran tinggi mencapai 70 centimeter dengan diameter kelopak bunga mencapai 50 sampai 60 centimeter.

Flora langka dan dilindungi ini untuk pertama kalinya ditemukan warga dengan kondisi tumbuh subur dan mekar di pekarangan rumah, hal ini membuat warga setempat yang mengatahui hal ini menjadi penasaran untuk datang melihat secara dekat dan mengabadikan flora ini dengan gawai mereka.

Dengan ditemukanya bunga bangkai yang untuk pertama kalinya di pekarangan rumah, penemu bunga pun berharap tanaman ini ” akan kita jaga kelestarianya, sehingga kedepanya dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan media” pungkasnya. (*)