www.musirawasterkini.com

Musi Rawas,- Pemerintah Desa G1 Mataram, Kecamatan Tugu Mulyo, Kabupaten Musi Rawas gotong royong bersama dengan masyarakat dan Lembaga Desa lainnya bersihkan sampah yang menggunung di pinggir jalan raya yang sudah sangat meresahkan masyarakat dan pengguna jalan karena bau sedap yang ditimbulkan. Karena terlalu banyaknya sampah di lokasi tersebut hampir mengambil setengah badan jalan raya, hingga menyebabkan jalan menjadi sempit dan rawan kecelakaan bagi pengguna jalan terutama dimalam hari ditambah kondisi penerangan yang minim.

Dijelaskan bahwa Pemerintah Desa G1 Mataram telah melayangkan surat yang sifatnya permohonan untuk penanganan penumpukan sampah tersebut ke Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Musi Rawas, dan sudah dilakukan mediasi untuk mencari solusi terbaik. Namun solusi yang diberikan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Musi Rawas mengharuskan setiap Desa memiliki minimal satu bak sampah dan warga selain dari Desa tersebut tidak diperkenankan untuk membuang sampah ke di lokasi atau Desa tersebut.

Karena kecewa atas solusi yang diberikan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Musi Rawas, akhirnya Pemerintah Desa dan Lembaga Desa lainnya bersama dengan masyarakat berinisiatif gotong royong swadaya untuk membersihkan sampah menumpuk tersebut menggunakan 3 unit truk pribadi milil warga dan dibantu 2 unit truk dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Musi Rawas.

“Jadi gotong royong tadi inisiatif Pemdes bekerja sama dengan masyarakat dan pihak lembaga terkait yang ada di Desa. Dari awal kami sudah tertib administrasi dan birokrasi memberikan surat kepada Dinas LH untuk ditangani masalah sampah di Desa G Mataram, khususnya di depan SMA BI. Tapi kenyataan nya setelah proses berjalan sampai setengah bulan surat tak kunjung dibalas,”

“Setelah itu kami mediasi juga antara pihak Desa, Kecamatan dan DLH, disitu juga cuma ada kesepakatan bahwasanya setiap Desa harus memiliki kotak sampah atau bak sampah sendiri. Dan tidak diperkenankan warga desa lain membuang sampah ke Desa tetangga seperti itu. Untuk gotong royong tadi ini murni swadaya kami masyarakat ,Pemerintah Desa dan kelembagaan lainnya yang ada di Desa. Dan pihak DLH membantu 2 mobil, kami sendiri Desa G Mataran 3 mobil,” (*)