Musirawasterkini.com – Dalam rangka melestarikan dan meningkatkan kebudayaan dinas kebudayaan dan pariwisata kabupaten Musi Rawas provinsi Sumsel mengada pertemuan ketua- ketua Adat se-kabupaten Musi Rawas (15/12/2020).

Pihak dinas kebudayaan dan pariwisata yakni bapak Samsul Joko menjelaskan, berdasarkan program dari gubernur Sumsel Terkait tentang seni dan kebudayan kita memerlukan tempat ataupun kantor untuk ruang adat jika ada pertemuan untuk lembaga adat di kabupaten Musi Rawas ini, insakallah kantor adat itu akan kita bangun di sebelah kantor ini sebagai prasarana untuk lembaga adat dan tempat jika kegiatan untuk kedepannya nanti.

” Adapun beberapa aitem ataupun poin-poin yang akan mulai di kembangkan ialah empat poin dulu yakni bahasa, kesenian budaya, dan kearifan lokal pangkasnya.

Masih di tempat yang sama ibu Emiliana selaku kasih bidang kebudayaan juga menjelaskan, lembaga adat kita angkat melalui bidang kebudayaan untuk lembaga adat bukan baru sekarang akan udah lama terbentuk dan kita gali info info dari mereka selaku ketua adat di masing-masing wilayah di kabupaten Musi Rawas ini, di Musi Rawas ini punya lembaga adat dan penasehat adat.

Lanjutnya, kami akan mengali informasi tentang adat istiadat yang ada di kabupaten Musi Rawas sebab generasi kita harus tau dan mengenal apa yg ada dan bagaimana adat istiadat di Musi Rawas baik itu bahasa, kebudayaan, kesenian, kearifan lokal dan lain sebagainya tutupnya. (*)