www.musirawasterkini.com

Kota Bengkulu, – Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu, Jumat (05/02/2021) mengajak Perguruan Tinggi (Perti) Stikes Sapta Bakti Bengkulu untuk ikut andil dalam menanggulangi sampah. Seperti yang diketahui bersama permasalahan sampah sudah menjadi persoalan krusial di Indonesia, diantaranya di Kota Bengkulu.

Sejumlah upaya dilakukan pemerintah dan berbagai pihak guna mengurai masalah sampah ini dengan berbagai terobosan untuk mengurangi sampah yang perhari volumenya menambah. Untuk itu, peran serta Perti sebagai tempat berkumpulnya kaum intelektual berpendidikan sudah seharusnya memberikan kontribusi nyata dalam pengelolaan dalam menanggulangi masalah sampah.

Dalam pertemuan ini, Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi juga mendeklarasikan “merdeka belajar merdeka sampah” kepada para mahasiswa di aula Sapta Bakti Bengkulu. Dedy juga mengajak seluruh pihak untuk dapat menumbuhkan kesadaran akan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan harus dimulai dari sekarang.

“Sudah saatnya pihak perguruan tinggi di Kota Bengkulu berkomitmen terhadap pengelolaan sampah secara mandiri dan terintegrasi di kampus. Marilah kita secara bersama-sama tanamkan kesadaran untuk ikut ambil bagian mengatasi masalah ini. Diharapkan peran serta mahasiswa dalam mengubah pikiran dan perilaku masyarakat yang belum sadar akan kebersihan lingkungan,” ungkap Dedy.

Dijelaskannya, masyarakat perlu dibiasakan untuk membuang sampah pada tempatnya. Dengan pembiasaan dan keteladanan diharapkan masyarakat akan terbiasa atau membudayakan membuang sampah pada tempatnya tanpa diminta ataupun diperintah,” tutupnya. (Rilis/Media Center Kota Bengkulu)