www.musirawasterkini.com

Musi Rawas, – Di berbagai daerah, tradisi sekelompok pemuda membangunkan warga di waktu sahur adalah hal lumrah di bulan Ramadhan. Seperti di Desa Nawangsasi Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas, Berbekal Bedug ataupun alat drumband dan mengunakan Motor roda tiga, para pemuda berteriak-teriak keliling kampung untuk membangunkan warga, Minggu (18/04/2021) Sekira Pukul 03.00 Wib.

Irfani, salah satu pemuda Nawangsasi mengatakan bahwa kondisi pandemi COVID-19 tak membuat kegiatan ini dihilangkan karena sudah sejak lama. “Tidak ada nama khusus untuk kegiatan ini dan sudah sejak tahun lalu dilaksanakannya.” Ujarnya.

Suara Bedug dan dramband tersebut membuat anak-anak kecil bersemangat terutama anak-anak yang sulit di bagunkan. “Bangunin sahur, terutama anak-anak yang sulit di bagunin, kalau ada drumband keliling langsung pada lari keluar untuk lihat, tapi kalau tidak ada drumband kata nya anak-anak susah di bangunin.” Ujar Irfan saat di wawancarai.

Kegiatan tersebut dinamai dengan Pasukan Sahur Melawan Corona yang artinya walaupun ada Corona tetap ada perjuangan membangunkan sahur. Pasukan tersebut terdiri dari remaja masjid dan pemuda. “Biasanya hanya anggota Irmas Masjid Raudhatul Jannah yang mau saja dan biasanya ada beberapa dari pemuda dan anak2 kecil yang ikut bergabung” Ujar Irfani yang akrab dipanggil Ipan, salah satu penggerak Pasukan Sahur Melawan Corona.

Lanjut Irfan, tujuan dari kegiatan ini untuk membangunkan warga yang belum bangun agar tidak telat bangun dan dapat mempersiapkan menu untuk makan sahur. Waktunya pun sebelum waktu sahur sekitar jam 03.00-04.00 WIB. Kegiatan tersebut berupa memutari kampung diiringi dengan Bedug dan drumband dengan menggunakan motor roda tiga dan apabila masih ada waktu biasanya masuk jalan-jalan kecil di dalam kampung dan kegiatan ini di adakan selama bulan Ramadhan ini,”Ucapnya.

Untuk Ramadhan kali ini, Irfan berharap semoga ramadhan ini bisa lebih baik dari tahun lalu walaupun terdampak Covid-19, tetap jaga kesehatan buat semua dan tidak menutup kemungkinan tetap berbuat kebaikan di bulan suci Ramadhan kali ini, “Tutup Irfan. (Anggie)