www.musirawasterkini.com

Musi Rawas,- Hari ulang tahun komunitas Republik Ngapak yang Ke-2 Tahun ini disambut suka cita bersama lebih kurang ribuan anggota Republik Ngapak yang terdata untuk menggemparkan masyarakat Desa Kali Bening, Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas Provinsi Sumatera Selatan, Sabtu (14/01/2023) sekira Pukul 21.00 Wib.

Dalam pantauan awak media langsung di lapangan sepakbola Desa Kali bening, semarak dan kemeriahan acara tersebut yang dihadiri Bupati Musi Rawas, Hj. Ratna Machmud, Walikota Lubuk Linggau, SN Prana Putra Sohe, Kepala BNN Kota Lubuklinggau AKBP Himawan Bagus Riyadi S.Si dan Bupati Pali l, Heri Amalindo, serta menghadirkan hiburan kesenian wayang kulit semalam suntuk bersama Ki Dalang Budi Sulistiono.

Hj.Ratna Machmud dalam sambutannya mengatakan,”Semoga dengan memperingati HUT ke-2 Paguyuban Republik Ngapak Musi Rawas ini, semakin memotivasi dan menyemangati seluruh pengurus, untuk terus aktif di organisasi dengan semangat kekeluargaan, kedamian, persatuan dan kerukunan dan juga sebagai wahana untuk melakukan serangkaian evaluasi atas apa yang telah dilaksanakan, serta memberikan warna dan makna bagi perjalanan sejarah Republik Ngapak ini.

Ia pun menjelaskan Makna terpenting dari peringatan ini adalah untuk mengukur sejauh mana masyarakat mampu melakukan instrospeksi dan evaluasi dalam kurun waktu dua tahun yang lalu,”Katanya.

Lebih lanjut Selain itu pengurus Paguyuban harus menetapkan landasan untuk memadukan langkah satu tahun kedepan. Masa yang telah lalu diharapkan dapat menjadi motivasi untuk memperbaiki pola pikir,”tutup Bupati Musi Rawas.

Sementara itu Edi kpk, Ketua Paguyupan Republik Ngapak Musi Rawas melalui Seketaris Paguyuban Iksanudin saat di temui awak media di sela sela kegiatan tersebut mengatakan,” di HUT ke-2 tahun ini kami mengadakan bakti sosial, pemberian santunan kepada pakir miskin, serimonial, potong tumpeng selamatan sesuai dengan adat Jawa ini adalah warisan turun menurun dan malam ini puncak syukurannya.

Kemudian harapannya kita bertujuan melestarikan budaya Ngapak dan membantu program program serta berkolaborasi dengan pemerintah untuk menuju Musi Rawas Mantab,”pungkasnya.

Penulis : Anggie